1.
Google (http://www.google.com)
Google
merupakan sebuah perusahaan publik Amerika Serikat, berperan dalam pencarian
Internet, Cloud Computing, serta teknologi iklan online & perangkat lunak.
Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford dan perusahaan ini merupakan perusahaan saham pribadi pada 7 September 1998. Penawaran umum perdananya dimulai pada tanggal 19 Agustus 2004, mengumpulkan dana $1,67 milyar, menjadikannya bernilai $23 milyar. Melalui berbagai jenis pengembangan produk baru, pengambil alihan dan mitra, perusahaan ini telah memperluas bisnis pencarian dan iklan awalnya hingga ke area lainnya, termasuk email berbasis web, pemetaan online, produktivitas perusahaan, dan bertukar video.
Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford dan perusahaan ini merupakan perusahaan saham pribadi pada 7 September 1998. Penawaran umum perdananya dimulai pada tanggal 19 Agustus 2004, mengumpulkan dana $1,67 milyar, menjadikannya bernilai $23 milyar. Melalui berbagai jenis pengembangan produk baru, pengambil alihan dan mitra, perusahaan ini telah memperluas bisnis pencarian dan iklan awalnya hingga ke area lainnya, termasuk email berbasis web, pemetaan online, produktivitas perusahaan, dan bertukar video.
· Kelebihan
:
1. Kecepatan dan
kemudahan dalam mencari.
2. Lebih canggih
dengan fitur yang dimilikinya.
3. Tampilan yang
sederhana.
4. Google merupakan
satu-satunya mesin pencari yang memilki cach. Dengan adanya cache ini, si
pencari dapat menghemat waktu pencarian, karena hasil pencarian yang akan
ditampilkan.
5. Dapat mencari
segala informasi seperti gambar, berita artikel, hiburan dll.
· Kekurangan
:
1. Dengan
kelebihan yang dimilikinya, ternyata mesin pencari ini jadi bidikan para spamer
untuk menampilkan iklan-iklan yang tidak diperlukan. Mereka memanfaatkan setiap
celah yang ada pada sistem algoritma Google untuk memaksa iklan mereka tampil
pada halaman terdepan. Maka, pencarian pun terasa tergangggu.
2.
Yahoo (http://www.yahoo.com)
Yahoo
ialah sebuah perusahaan Internet multinasional yang berpusat di Sunnyvale,
California, Amerika Serikat. Perusahaan ini terkenal karena portal webnya,
serta mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo!
News, Yahoo! Finance, Yahoo! Groups, Yahoo! Answers, situs dan layanan
periklanan, peta daring, berbagi video, olahraga fantasi dan media sosialnya.
Yahoo! adalah salah satu situs web terbesar di Amerika Serikat. Yahoo! adalah
sebuah portal web populer yang dioperasikan perusahaan yang bernama Yahoo!
Inc.. Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku),
ide itu berawal pada bulan April 1994, di mana saat itu dua orang alumni
Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota
karena cuti besar.
· Kelebihan
:
1. Adanya fitur
e-mail yang banyak disukai oleh orang-orang.
2. Kecepatan dan
kemudahan dalam mencari.
3. Fiturnyanya yang
komplit.
4. Yahoo juga
menyediakan salah satu fungsi yaitu katalog web. Link ke menu bantuan (help)
juga dapat dikenali dengan baik di halaman login dengan keterangan yang cukup
jelas.
· Kekurangan
:
1. Loadingnya
membutuhkan waktu yang lama
2. Satu id yahoo hanya
untuk yahoo, tak bisa untuk produk windows, seperti IM dan msn
3. Teralu mudah untuk
membuat id, sehingga kadang-kadang disalah gunakan
4. Fitur Y!M masih
sangat kalah jauh dengan IM keluaran windows
5. Skin untuk Y!M
masih sangatlah simple, tak seperti IM yang ada cukup banyak
3.
MSN (http://search.msn.com)
Microsoft
Network atau MSN adalah layanan situs web portal yang dimiliki oleh Microsoft.
Diluncurkan pada tanggal 24 Agustus 1995, MSN dapat dioperasikan dengan sistem
operasi Windows 95, Windows 98, Windows 2000, Windows XP dan Windows Vista.
Bagian-bagian dari MSN adalah Hotmail, Windows Messenger, My MSN dan Download
IE8. MSN kini tersedia dalam semua bahasa di dunia. Mesin pencari dari
Microsoft Network ini menawarkan pencarian baik dengan kata kunci maupun dari
direktori. Pemakai Internet Explorer kemungkinan besar sudah pernah menggunakan
mesin pencari ini. Situs Searchenginewatch mencatat MSN sebagai mesin pencari
ketiga populer setelah Google dan Yahoo! Tak ada pencarian image, atau news.
Menyediakan pencarian peta, yellow pages, white pages, pencarian pekerjaan,
rumah.
· Kelebihan
:
1. Mampu mencari
video, musik, gambar, dan beragam format file spesial.
· Kekurangan
:
1. Pencarian
dibutuhkan waktu yang lama sampai hasil ditampilkan di halaman MSN.
2. Pengguna juga sulit
membedakan antara iklan dan bukan iklan pada halaman pencariannya. Penampilan
iklan hanya dibedakan dari hasil asli melalui sebuah titik di depannya.
4.
Bing (http://www.bing.com)
Bing (sebelumnya Live Search, Windows Live
Search, and MSN Search) merupakan situs mesin pencari web (diiklankan sebagai
“mesin pengambil keputusan/decision engine”) yang bernaung di bawah bendera
Microsoft. Bing merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap
ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, yakni Live Search, Windows Live
Search, dan MSN Search.
Mesin pencari ini diperkenalkan pada tanggal
28 Mei 2009 oleh CEO Microsoft Steve Ballmer pada konferensi All Things Digital
di San Diego, Amerika Serikat, dan secara resmi diluncurkan pada 1 Juni,
menggantikan mesin pencari sebelumnya, yaitu Live Search.
Bing diciptakan dengan menggunakan suatu
teknologi, yakni PowerSet yang telah dibeli Microsoft pada tahun 2008.
Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih
akurat. Di samping itu, Bing dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan dan
membagi historis pencarian melalui Skydrive, Facebook, dan email. Bing
mengelompokkan pencarian berdasarkan empat kategori, yaitu:
1. Web untuk
pencarian halaman situs atau website.
2. Images untuk
pencarian gambar.
3. News untuk pencarian
berita.
4. xRank untuk
pencarian siapa dan apa yang paling banyak dicari oleh pengguna Bing.
Pada
tanggal 29 Juli 2009, Microsoft dan Yahoo! mengumumkan sebuah penawaran, dimana
Bing akan menggerakkan Yahoo! Search. Semua pengguna dan mitra Yahoo! Search
diharapkan telah mengalami transisi tersebut pada awal 2012.
Pada
Oktober 2011, Bing mengumumkan sedang mengerjakan infrastruktur pencarian baru,
dengan tujuan memberikan hasil pencarian yang lebih cepat dan sedikit lebih
relevan bagi pengguna. Teknologi pengindeksan baru yang dikenal sebagai “Tiger”
ini telah dimasukkan ke Bing secara global, sejak Agustus 2011. Pada Mei 2012,
Bing mengumumkan rancangan ulang lain ada mesin pencarinya yang mencakup “Bilah
sisi” (Sidebar), fitur sosial yang mencari pada jejaring sosial pengguna untuk
mendapatkan informasi yang relevan dengan kata kunci pencarian.
5. Web
Crawler
Web crawl dapat digunakan untuk beragam
tujuan. Penggunaan yang paling umum adalah yang terkait atau berhubungan
langsung dengan search engine. Search engine menggunakan web crawl untuk
mengumpulkan informasi mengenai apa yang ada di halaman-halaman web publik.
Tujuan utamanya adalah mengumpukan data sehingga ketika pengguna Internet
mengetikkan kata pencarian di komputernya, search engine dapat dengan segera
menampilkan web site yang relevan dan sesuai dengan yang dicari.
Ketika web crawl search engine mengunjungi
halaman web, ia “membaca” teks yang terlihat, hyperlink, dan konten berbagai
tag yang digunakan dalam situs seperti meta tag yang banyak berisi keyword.
Berdasar kaninformasi yang dikumpulkan web crawl, search engine akan menentukan
situs dan mengindex informasinya. Website tersebut kemudian dimasukkan ke dalam
database search engine dan dilakukan proses penentuan ranking setiap
halamannya.
· Kelebihan
:
1. Suatu program
atau script otomatis yang relatif simple.
2. Dapat digunakan untuk
beragam tujuan. Penggunaan yang paling umum adalah yang terkait atau
berhubungan langsung dengan search engine.
3. Fungsi web crawler
untuk search engine jauh lebih kompleks bahkan detail
4. Algoritma search
engine raksasa seperti google tidak mudah terungkap.
· Kekurangan
:
1. Beroperasi
hanya sekali, misalnya untuk suatu projek yang hanya sekali jalan.
2. Secara umum web
crawler mengakses sebuah url website melalui internet, proses crawling dapat
dilakukan dengan teknik multi-thread agar optimal.
3. Konten seperti teks
dan metadata akan disimpan pada media penyimpanan, sedangkan link/ url yang
ditemukan akan disimpan kedalam daftar antrian, dan dijadwalkan untuk proses
berikutnya.
6.
Looksmart (http://www.looksmart.com)
Looksmart adalah pelopor industri periklanan
pencarian online. Didirikan pada tahun 1997, Look Samrt salah satu search egine
pertama menyediakan kemampuan internet pencari. Selama bertahun-tahun, Look
Smart telah menyediakan solusi pengiklannan seperti, MSN, dan Ask adalah salah
satu sponsor dari looksmart. Looksmart berfokus pada menghubungkan pengiklan
dan penayangan di jaringan pencarian dengan kualitas tinggi tinggi.
Looksmart adalah salah satu Search Egine
pencarian iklan terbesar, pengolahannya lebih dari 2 milyar query per hari.
Look Smart melayani iklan berbasis teks yang berkualitas tinggi. Look
Smart menyediakan iklan itu secara langsung dengan beragam ribuan pencarian
pengiklannan berbayar. Yang paling penting Look Smart menghubungkan pengiklanan
dengan protokol jaringan yang berkualitas tinggi. Look Smart berdiri dengan
industri terkemuka dengan komitmen terhadap kualitas Protokol Jaringan.
· Kelebihan
:
1. Menyediakan
produk iklan pencarian dan layanan kepada pengiklan teks
· Kekurangan
:
1. Situs ini
merupakan yang termasuk berbayar
7.
Altavista (http://www.altavista.com)
Altavista merupakan search engine yang cukup
terkenal dimata dunia. Suatu saat, AltaVista pernah menjadi mesin pencari
terbesar. Di altavista, kita bisa mencari berbagai informasi berupa web,
gambar, video, berbelanja online, aplikasi, dan berita.
AltaVista diciptakan oleh para peneliti di
Digital Equipment Corporation ‘s Western Research Laboratory yang mencoba untuk
memberikan layanan untuk membuat file penemuan tentang jaringan publik lebih
mudah. Walaupun ada beberapa perselisihan tentang siapa yang bertanggung jawab
atas ide asli,dua peserta kunci Louis Monier , yang menulis crawler , dan
Michael Burrows , yang menulis pengindeks . Nama AltaVista dipilih dalam
kaitannya dengan lingkungan perusahaan mereka di Palo Alto. AltaVista adalah
publik diluncurkan sebagai mesin pencari internet pada tanggal 15 Desember 1995
di altavista.digital.com.
Keunggulan
AltaVista adalah pilihan pencarian yang paling lengkap di antara semua mesin
pencari.
· Kelebihan
:
1. Keunggulan
dalam hal pencarian halaman web, video, gambar, MP3, dan file audio lainnya.
Dalam pencarian berita pun Altavista mampu mencari berita teraktual.
2. Altavista mampu
menetapkan berapa umur maksimal yang akan ditampilkan.
· Kekurangan
:
1. Dalam hal
pencarian data yang kurang bagus. Sering kali mesin pencari ini menampilkan
hasil yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan tema yang dicari.
8.
Alltheweb (http://alltheweb.com)
AlltheWeb adalah mesin pencari internet yang
memulai debutnya pada pertengahan-1999 dan ditutup pada tahun 2011. Ini tumbuh
dari FTP Cari, doktor tesis Tor Egge di Universitas Norwegia Sains dan
Teknologi, yang ia mulai pada tahun 1994, yang pada gilirannya mengakibatkan
pembentukan Pencarian Cepat & Transfer (FAST), didirikan pada tanggal 16
Juli 1997. Itu digunakan terutama sebagai situs pameran untuk perusahaan
mesin pencari CEPAT. Menurut FAST, AllTheWeb sekali disaingi Google dalam
ukuran dan teknologi AlltheWeb pernah menjadi sepopuler Google, meskipun, dan
yang userbase menurun setelah itu dibeli oleh Overture pada tahun 2003.
Keunggulan Alltheweb adalah pencarian file
pada FTP Server. Tidak seperti web, FTP adalah teknologi internet yang
ditujukan untuk menyimpan dan mendistribusikan file, biasanya program, audio
atau video. Web sebenarnya lebih ditujukan untuk teks. Sejauh ini, hanya
AllTheWeb yang menyediakan jasa pencarian file..
· Kelebihan
:
1. Kemudahan
dalam mencari.
2. Tampilan yang
sederhana seperti Google.
3. Alltheweb langsung
menyediakan fungsi untuk pencarian berita, musik, gambar, dan video.
4. Menu bantuan
terlihat jelas, dan di dalamnya tersedia sejumlah opsi bantuan yang banyak,
sehingga sekali lagi kemudahan tampak bagi si pengguna.
· Kekurangan
:
1. Pencarian
yang lama dibandingkan dengan mesin pencari lainnya.
2. Halaman pencarian
hanya dibatasi dengan sebuah garis sehingga membingungkan si pengguna.
3. Pada link-link yang
tidak berguna terkadang masih terlihat dalam beberapa hari, sehingga terlihat
kurang aktual. Hal ini menunjukan tidak cepatnya Alltheweb melakukan update.
4.
9.Excite (http://www.excite.com)
Excite merupakan search engine yang serupa
dengan yahoo. Keistimewaan Excite adalah pilihan menu yang ditawarkan cukup
lengkap dengan sistem indeks yang cukup baik. Excite merupakan search engine
yang cukup baik untuk mengetahui berita-berita terbaru dari beberapa sumber
seperti Reuters dengan menu barunya yang disebut “Today on Excite” walaupun
tidak tergolong excellent. Search engine ini baik bagi pemula karena fasilitas
pencariannya yang mudah dan sederhana. Selain itu, excite juga dilengkapi
dengan fasilitas “chatting”, “business news”, “sport news” dan lain-lain.
· Kelebihan
:
1. Excite
memiliki tampilan yang cukup bagus. Bahkan saat kita memasuki situs Excite,
disana terdapat beberapa fasilitas yang memudahkan kita dalam mencari segala
sesuatunya, diantaranya ada email, movie, video, news, horoscope, ramalan
cuaca, sampai pada lowongan kerja. Fasilitas-fasilitas inilah yang dapat
sedikit memudahkan kita untuk mengetahui segala sesuatunya.
· Kekurangan
:
1. Kurang
terkenal karena kurang banyak yang tahu
10.
Gigablast (http://www.gigablast.com)
Gigablast adalah mesin pencari di Internet,
didirikan pada 2000 oleh Matt Wells. Gigablast merupakan proyek terakhir dari
Matt Wells, setelah membuat situs web Infoseek selama tiga tahun, Gigablast
didirikan dengan tujuan untuk melakukan pencarian halaman web dengan kemampuan
maksimal mesin pencari lain pada zamannya, namun menggunakan alat seminimum
mungkin. Pada bulan Januari 2005, mesin indeks dari Gigablast hampir memiliki
satu miliar halaman web yang telah terindeks, dengan hanya menggunakan biaya 8000
Dolar Amerika Serikat (kontra 8000000000 puluhan halaman dan bernilai jutaan
peralatan untuk Google).
11. Aol (http://www.aol.com)
AOL didirikan pada tahun 1983 dengan nama
Control Video Corporation (CVC). Produk tunggal AOL adalah Gameline.
Pada
tahun 1983, Steve Case dipilih jadi konsultan pemasaran CVC atas rekomendasi
kakaknya, banker investasi Dan Case. bulan Mei 1983, Jim Kimsey menjadi
konsultan manufaktur Control Video, tapi dekat kebangkrutan. Kimsey dibawa oleh
Frank Caufield tanggal 24 Mei 1985, Control Video direorganisasi sebagai
Quantum Computer Services, Inc. dengan Kimsey sebagai CEO, dan Marc Seriff
sebagai CTO.
Pada
tahun 1985 meluncurkan layanan online khusus buat komputer Commodore 64 dan
Commodore 128 dengan nama Quantum Link.
· Kelebihan
:
1. Cepat
menemukan apa yang Anda cari di komputer Anda sendiri menggunakan kata-kata
kunci dan frase. Jika Anda tidak tahu namanya, anda hanya memerlukan sedikit
kata untuk menemukannya .
· Kekurangan
:
1. Kecepatan
saat membuka masih kurang cepat dan tampilan juga masih belum sempurna.
12. Ask (http://www.ask.com)
Ask yang memiliki arti dalam Bahasa Indonesia
: “Tanyakan” adalah sebuah mesin pencari yang berdiri seajak tahun 1996 oleh
Garret Gruener dan David Warthen di California. Situs ini dapat mencari
informasi secara detail, cara kerjanya mirip google. Browser ini memiliki
kemampuan untuk menguraikan data lebih banyak serta menampilkan link lain yang
masih memiliki hubungan yang relevan. Ask mempunyai kemampuan simantik dan
ekstraksi guna mengenali jawaban-jawaban terbaik untuk pertanyaan user. Cara
kerjanya tidak jauh beda dengan google, user tinggal memasukan keyword lalu
klik search. Maka user akan menemukan sederetan hasil beserta link yang
mengantar user menuju hasil yang masih relevan. Situs ini di lengkapi beberapa
tab yang di katagorikan dalam web, images, dsb.
Ask.com awalnya dikenal sebagai Ask Jeeves,
dimana “Jeeves” adalah nama “gentleman pribadi pria ini”, atau pelayan,
mengambil jawaban atas pertanyaan ditanyakan. Karakter didasarkan pada Jeeves,
valet fiksi Bertie Wooster ini dari karya Wodehouse PG.
Ide asli di balik Ask Jeeves adalah untuk
memungkinkan pengguna untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang diajukan
dalam sehari-hari, bahasa alami, serta kata kunci pencarian tradisional. The
Ask.com saat ini masih mendukung ini, dengan dukungan ditambahkan untuk
pertanyaan matematika, kamus, dan konversi.
Situs mesin pencari yang satu ini
mengunggulkan kemampuannya untuk memahami bahasa manusia. Pengguna bisa
menggunakan kalimat lengkap, bukan kata kunci. Situs ini berguna untuk
mengetahui jawaban dari pertanyaan.
Ask merupakan search engine yang fungsinya
untuk mencari informasi berupa gambar, document, video, refrensi, dan berita.
· Kelebihan
:
1. Keunggulan
utamanya adalah ia akan mencari situs penyedia jawaban untuk pertanyaan anda.
2. Keunggulannya
adalah ia akan mencari situs penyedia jawaban untuk pertanyaan yang diberikan
3. Lebih canggih dan
akan menampilkan lebih banyak informasi pada halaman pertama hasil pencarian
ketimbang Google dan Yahoo!
4. Background dari
mesin pencari Ask.com ini bisa diganti-ganti
· Kekurangan
:
1. Databasenya
kecil
2. Fitur kurang
lengkap
3. Dari segi tampilan
di tinjau biasa saja karena lebih diandalkan dalam pencarian kata
4. Pencarian kata
tidak ada filtering sehingga data yang tidak dicari semua diambil
5. Tidak
adanya pengelompokkan data khususnya dalam pembukaan gambar.
13.
Iwon (http://www.iwon.com)
Iwon merupakan search engine yang bekerja
sama dengan Ask.com sekaligus merupakan website untuk menghasilkan uang dengan
bermain game online. Anda bisa memenangkan hadiah hingga 500 hadiah tunai $.
14.
Joeant (http://www.joeant.com)
Joeant menawarkan direktori edited manusia
“untuk menyediakan direktori situs berkualitas bagi pengguna Internet”. Dibuat
oleh sekelompok selusin mantan Go.com (Disney) relawan Go Guides, JoeAnt lahir
dari keinginan untuk menyediakan hasil yang relevan dalam berbagai macam topik,
dan berusaha untuk bekerja dengan membentuk komunitas editor di mana orang
tertarik dapat ikut Diluncurkan pada 24 Mei 2001, JoeAnt telah tumbuh menjadi
sebuah direktori besar dengan daftar editor besar.
15.
Lycos (http://www.lycos.com)
Lycos adalah mesin pencari dan portal web
yang banyak menekankan pada informasi berorientasi hiburan dalam arti yang
luas. Proyek Lycos diperkenalkan pertama kali oleh Michael Loren Mauldin dari
Universitas Carnegie Mellon di Amerika Serikat pada tahun 1994, yang kemudian
berubah menjadi suatu perusahaan. Kemudian pada tahun 1995, Bob Davis bergabung
dan menjadi CEO dari perusahaan Lycos ini.
Salah satu mesin pencari tertua. Saat ini
Lycos lebih dikenal sebagai portal, sehingga fungsi pencarinya tidak terlalu
menonjol. Lycos, selain mendukung pencarian web, juga menyediakan pencarian
file MP3, dan video pada http://multimedia.lycos.com.
· Kelebihan
:
1. Lycos mampu
mencari data dengan cepat dan ini merupakan kelebihannya.
2. Dalam hal pencarian
cepat.
3. Lycos menyediakan
fungsi “Fun Search” yang lebih diperuntukkan bagi kalangan remaja. Ini sangat
membantu bagi kalangan yang membutuhkan gosip dan lagu terbaru dari para
selebritis pujaan.
4. Lycos juga
menampilkan 50 pencarian terbesar di halaman depannya.
· Kekurangan
:
1. Untuk mencari
berita-berita aktualnya, pengguna harus masuk ke bagian site map karena
berita-berita tersebut tidak ditampilkan di halaman depan.
2. Sering tidak
spesifik karena datanya kebanyakan masih mengambil data dari mesin pencari
Alltheweb yang tergolong paling lamban dalam pencarian data.
16.
Basigi (http://www.basigi.com/)
Ada satulagi search engine yang merupakan
asli buatan orang Indonesia. Mesin pencari ini menurut saya memiliki banyak
keunikan,pada home-page basigi yang menyediakan link/taut statistik yang
gunanya untuk menunjukan pemakai pada kata kunci (Keyword) yang paling populer,
kategori terpopuler, dan juga presentase pencarian.
Di basigi itu juga ada
informasi real-time yang sekarang sedang menjadi trend di mesin pencari lain,
beserta kata kunci serta konten yang berhubungan dengan yang kita cara dengan
suatu keyword.
Dan selidik punya selidik ternyata basigi.com
ini adalah search engine milik detik.com, tapi nampaknya saat ini belum terlalu
fokus untuk dikembangkan, entah apa alasannya, apa kekurangan modal atau memang
merupakan bagian rencana jangka panjang untuk keperluan bisnis dipasar internet
lokal.
· Kelebihan
:
1. Basigi.com
menampilkan semua situs berita yang di indonesia,baik nasional atau local.
2. User bisa langsung
mendapatkan berita hasin pencariannya berdasarkan kata kunci yang di inginkannya.
3. Pada home-page
basigi.com yang menyediakan link statistik yang gunanya untuk menunjukan
pemakai pada kata luncinya
4. Di basingi juga ada
berita atau informasi langsung atau real time
5. Situs basigi
mempunyai 2 nama domain yaitu basigi.com dan updatebanget.com
· Kekurangan
:
1. Basigi.com
tampil dengan fitur yang sangat terbatas pada pencarian berita-berita.
2. Situs basigi.com
ini menampilkan kolom pencarian saja.
17.
Mamma (http://www.mamma.com/)
Mamma
merupakan contoh metasearch engine. Pencarian dengan metasearch engine akan
membawa kita pada hasil pencarian yang didapat oleh berbagai mesin pencari.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar